Sandeq, Primadona Maritim dari Mandar

Semua pasti tahu lagu “Nenek Moyangku Orang Pelaut” yang membahas ketangguhan orang Indonesia dalam mengarungi samudera. Sebagai buktinya, Indonesia dikenal memiliki beberapa kapal tangguh yang membantu penduduknya untuk melintas samudera dan berdagang dengan negara atau wilayah tetangganya. Hal ini juga diperkuat dengan relief kapal kuno yang terdapat pada Candi Borobudur. Diduga, relief-relief tersebut menggambarkan jenis kapal yang digunakan oleh Dinasti Syailendra dan Kekaisaran Bahari Sriwijaya yang menguasai perairan Nusantara pada abad ke-7 hingga abad ke-13.

Continue reading

Danau Vulkanik Terbesar di Dunia Menjadi Taman Geologi Nasional

Keindahan Danau Toba baru-baru ini semakin diapresiasi karena kini danau tersebut telah dinobatkan sebagai Taman Geologi Nasional (National Geopark) oleh Presiden Yudhoyono, bersamaan dengan peresmian Bandara Kualanamu di Medan dan 5 bandar udara lainnya di wilayah Sumatera. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kawah vulkanik terbesar di dunia ini.

Danau Toba sendiri memiliki panjang 100 km, lebar 30 km, memiliki kedalaman 505 meter dan berada pada 900 meter di atas permukaan laut. Danau ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang tercatat skalanya sebagai supervolcano pada 75.000 tahun yang lalu. Letusannya dianggap sebagai yang terbesar dalam 2 juta tahun, dan menyebabkan musim dingin karena abu vulkanik yang menutupi atmosfer bumi. Sebagai gambaran betapa besarnya letusan gunung yang sekarang menjad Danau Toba ini, debu yang disemburkannya ditemukan hingga Danau Malawi di Afrika Timur. Letusan ini juga menghasilkan Pulau Samosir yang bila diukur memiliki ukuran sebesar negara tetangga kita, Singapura.

Continue reading

Insan Muda ITB Kembali Menangkan Kontes Desain Chip di Jepang

Bukanlah kali pertama bagi tim dari ITB dalam meraih juara pertama Smart Info Media Award (SIS) pada kompetisi 17th LSI Design Contest yang berlangsung di Okinawa, Jepang. Kali ini Tim ITB (Tim Sedap Malam) yang terdiri dari Idham Hafizh, Aditya Ferry dan Septian Gilang, yang keseluruhannya adalah peserta kuliah perancangan sistem CLSI di STEI, EL 4040 (Mata Kuliah di KK Elektronika STEI).

Continue reading

Rinda Salmun, Desainer Muda Berbakat Memilih Indonesia daripada Inggris

Satu lagi desainer muda dari Indonesia yang sempat sukses di luar negeri. Rinda Salmun, wanita kelahiran 17 September 1985 ini ternyata tidak melupakan tanah air meski ia telah berkarir sejak 2009 di London, dan memutuskan untuk kembali ke Indonesia untuk ikut meramaikan industri fashion dalam negeri sejak akhir 2013 yang lalu.

Continue reading