Indonesia Kantongi Juara Umum MTQ Internasional 2014

Tim nasional Indonesia berhasil merebut predikat sebagai juara umum dalam ajang Musbaqoh Tilawatil Quran Internasional di Palembang, 23-27 September 2014. Hasil ini diperoleh setelah dewan hakim mengumumkan 15 orang terbaik dalam tiga rangkai perlombaan berbeda. Dari 15 orang tersebut 3 diantaranya merupakan Qori dan Qoriah dari Indonesia.


Continue reading

Mengurai Limbah Plastik dengan E.Coli dan Biologi Sintetis

Bila mendengar E.Coli yang langsung terpikir adalah bakteri yang bisa menyebabkan penyakit sistem pencernaan. Namun, berkat sains dan teknologi sejumlah terobosan dapat dilakukan. Sebagi contohnya, sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengikuti kompetisi International Genetically Engineered Machine (IGEM) di Boston, AS. Ajang tahunan itu merupakan ruang bagi ilmuwan dan rekayasawan dunia berkumpul dan mengolaborasikan hasil karya cipta mereka di bidang bilogi sintetik.

Continue reading

Helm Anti-Kantuk Ciptaan Anak Bangsa Dapatkan Medali Emas di Malaysia

Indonesia memiliki banyak pengguna sepeda motor. Kendaraan ini memang dianggap sebagai cara tercepat dan murah untuk sampai ke tempat tujuan, terutama pada kota-kota besar. Namun, seringkali ketika mengendarai sepeda motor, tubuh merasa lelah dan kantukpun tak terbendung. Karena itulah, dua mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya), yaitu Kristiawan Manik dan Ricky Nathaniel Joevan menciptakan helm antikantuk.

Continue reading