Bhirawa, Mahasiswa Pertama Indonesia Peraih Gelar Ilmu Hukum Prancis

Seorang alumnus Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (FH UGM) tahun 2015, Bhirawa J. Arifi berhasil mencatatkan dirinya sebagai orang Indonesia pertama yang meraih Gelar Magister Hukum Prancis dari Universite Paris 1-Panthon Sorbonne, Paris, Prancis. Bukan hanya itu saja Bhirawa juga tercatat sebagai peraih gelar termuda peraih LLM “Hukum Prancis (dan Francophonie) dan Hukum Eropa” tahun 2016 ini dari universitas tersebut.

Continue reading

Nusantara Mengaji Torehkan Rekor MURI

Bulan Ramadan memang bulan penuh ibadah, mungkin inilah yang menginspirasi Gerakan Nusantara Mengaji yang diinisiasi oleh Muhaimin Inskandar. Gerakan ini berhasil membukukan namanya di Rekor MURI atas kegiatan khataman Al-Quran yang dilakukan secara serempak oleh 3 juta orang di 34 provinsi dan 350 ribu kali khatam Al-Quran. Luar biasa ya!

Penyerahan penghargaan ini dihadiri oleh tiga menteri. Ketiganya adalah Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Marwan Jafar, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohammad Nasir.

 

9 Medali Diraih Indonesia Pada Malaysia Open Memory Championship 2016

Kejuaraan adu cepat dan tepat  dalam bidang daya ingat baru saja diadakan di Penang, Malaysia pada 11-12 Juni 2106. Dalam kejuaraan ini Tim Memory Sports Indonesia lewat anggota timnya Fakhri Shafly (siswa SMAN 26 Jakarta), Shafa Annisa (siswi SDIT Darussalam, Sangatta, Kaltim), dan Rifda Almira (siswi SMA Edu Global School, Bandung) berhasil membawa pulang 4 emas, 2 perak, dan 3 perunggu. Medali ini dihasilkan dari dua kategori yaitu kids (di bawah 12 tahun) dan junior (13-17 tahun).

Continue reading

15 Prestasi Indonesia yang Jarang Dikenal

Selain memiliki sumber daya alam yang luar biasa, Indonesia juga memiliki anak-anak bangsa yang bisa membuat negara bangga. Berikut adalah 15 prestasi Indonesia di mata dunia yang jarang kita sendiri sebagai anak bangsa kurang mengenalnya.

  1. Pabrik Mattel pembuat barbie dari AS hanya ada 2 didunia yaitu di China dan di Jababeka, Cikarang, Bekasi.
  2. Airbridge – atau yang lebih kita kenal sebagai tangga belalai menuju pintu pesawat yang ada di bandara-bandara dunia kali pertama dibuat oleh PT Bukaka, Indonesia.
  3. PT.PAL sukses membuat salah satu kapal terbaik didunia bernama “Star 50″ berbobot 50,000 ton. Salah satu negara yg memesan kapal tersebut adalah Singapura.
  4. Di Singapura gamelan menjadi mata pelajaran wajib di SD pada hampir sebagian wilayahnya.
  5. Brand internasional yang sangat prestisius, Gucci,menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya.
  6. Indofood adalah produsen mie instan terbesar di dunia.
  7. Mobil terpopuler di Uni Emirat Arab adalah Toyota Kijang Innova. Mobil ini sepenuhnya diproduksi di Indonesia.
  8. Bunga nasional Korea Utara yang sangat popular Kimilsungia berasal dari Indonesia dan diberi nama oleh Presiden RI Ir. Soekarno.
  9. Tas Bagteria made in Indonesia telah dijajakan diberbagai etalase mall-mall kelas atas di 32 negara diseluruh penjuru dunia. Tas ini dipakai Paris Hilton, Zara Phillips, Emma Thomson, dan Audrey Tatou.
  10. Pejuang HAM legendaris bapak pembebasan Negara Afrika Selatan Nelson Mandela,setelah berhasil menghapus apartheid di negerinya, mengakui bahwa perjuangannya itu diinspirasikan perjuangan Syekh Yusuf dari Makassar.
  11. Sampul TIME magazine Special Edition on Asian Heroes, menampilkan penyanyi Iwan Fals.
  12. Mobil prestisius,Mercedes Benz, menggunakan knalpot buatan Indonesia yang pengerjaannya sepenuhnya dilakukan di Purbalingga, Jawa Tengah.
  13. Presiden RI ke-3, BJ Habibie merupakan pemegang 46 paten di bidang aeronautika dunia.
  14. David Foster mengaku, lagu ciptaanya ‘To Love You More’ yg dibawakan Celine Dion terinspirasi dari musik Keroncong Indonesia.
  15. Menara Kuala Lumpur dirancang oleh putra Indonesia, Ir. Achmad Murdijat alumni ITB.