UGM Kembangkan Sendi Buatan

[overview osteoporosis & osteoarthritis dan masalah yang ditimbulkan pada sendi]

Hingga saat ini kebanyakan sendi buatan yang ada di Indonesia masih berasal dari negara lain. Hal ini menyebabkan ukuran sendi tidak sesuai dengan morfometri orang Indonesia. Menanggapi hal ini, para peneliti di Fakultas Teknik dan Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan organ sendi buatan yang diharapkan mampu membantu penderita Osteoarthritis atau Osteoporosis.

UGM Kembangkan Sendi BuatanSendi buatan digunakan dalam operasi penggantian sendi total. Metode ini terbukti dapat mengurangi rasa sakit dan mengembalikan fungsi sendi seperti sebelumnya, terutama pada sendi lutut dan panggul. Continue reading

6 Ilmuwan Indonesia dan Temuannya yang Mendunia

collage

(Kiri-Kanan: Mulyoto Pangestu, Prof. Dr. Ir. Sedijatmo, Dr. Eng. Khoirul Anwar, Prof. Dr. Rahmiana Zein, Warsito Taruno, Dr. Joe Hin Tjio)

Selama ini Indonesia hanya dikenal dunia Internasional karena pemberitaan yang cenderung negatif, seperti kasus Bom Bali hingga korupsi. Padahal, ada beberapa ilmuwan Indonesia yang dikenal di kancah Internasional karena hasil temuannya. Temuan dari beberapa ilmuan Indonesia ini digunakan dimana-mana dan manfaatnya dirasakan oleh banyak orang. Yuk, simak 6 orang ilmuwan asal Indonesia serta temuannya! Continue reading

Mengurai Limbah Plastik dengan E.Coli dan Biologi Sintetis

Bila mendengar E.Coli yang langsung terpikir adalah bakteri yang bisa menyebabkan penyakit sistem pencernaan. Namun, berkat sains dan teknologi sejumlah terobosan dapat dilakukan. Sebagi contohnya, sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengikuti kompetisi International Genetically Engineered Machine (IGEM) di Boston, AS. Ajang tahunan itu merupakan ruang bagi ilmuwan dan rekayasawan dunia berkumpul dan mengolaborasikan hasil karya cipta mereka di bidang bilogi sintetik.

Continue reading

Penemu Alat Terapi Kanker Raih Anugerah “HKI 2014″

Pada peringatan Hari Kekayaan Intelektual sedunia ke-14 di Jakarta, Senin 5 Mei 2014 yang lalu, Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia memberikan penghargaan Anugrah HKI 2014 kepada Dr Warsito Purwo Taruno M.Eng untuk kategori inventor.

Direktur Eksekutif CTech Laboratories Edwar Technology ini mengembangkan prototype untuk teknologi kapasitasi listrik berbasis medan listrik pada tahun 2004 dan meneruskan riset dan pembelajaran aplikasi baru untuk teknologi tersebut. Ia dan lembaga yang dipimpinnya telah berkolaborasi dengan universitas dan institusi terkemuka dunia untuk penelitian dan pengembangan, termasuk NASA, Departemen Energi Amerika Serikat dan Kyoto University.

Continue reading