6 Ilmuwan Indonesia dan Temuannya yang Mendunia

collage

(Kiri-Kanan: Mulyoto Pangestu, Prof. Dr. Ir. Sedijatmo, Dr. Eng. Khoirul Anwar, Prof. Dr. Rahmiana Zein, Warsito Taruno, Dr. Joe Hin Tjio)

Selama ini Indonesia hanya dikenal dunia Internasional karena pemberitaan yang cenderung negatif, seperti kasus Bom Bali hingga korupsi. Padahal, ada beberapa ilmuwan Indonesia yang dikenal di kancah Internasional karena hasil temuannya. Temuan dari beberapa ilmuan Indonesia ini digunakan dimana-mana dan manfaatnya dirasakan oleh banyak orang. Yuk, simak 6 orang ilmuwan asal Indonesia serta temuannya! Continue reading

Pelajar Asal Indonesia Juarai International Robot Olympiad Competition di China

Prestasi yang membanggakan lagi-lagi mampu diraih oleh anak bangsa. Kali ini, Akbar Nur Sultan, siswa SMPN 2 Pasuruan, Jawa Timur yang baru berusia 13 tahun meraih juara 1 Excellence Technical Award, Creative Category pada lomba robot internasional, The 16th International Robot Olympiad Competition yang diselenggarakan International Robotic Olympiad Committee (IORC), Shinjhinsang, pada 5-9 November lalu di Beijing yang diikuti 40 negara peserta.Akbar Nur Sultan

Continue reading

Nixon Widjaja, Anak Usia 11 Tahun Peraih Emas & The Best Theory di Olimpiade Matematika dan Sains Internasional

Bangga, mungkin itulah yang dirasakan oleh orang tua Nixon Widjaja ketika melihat sang anak meraih prestasi cemerlang. Nixon yang baru berusia 11 tahun berhasil meraih medali emas dan The Best Theory dalam ajang 11th International mathematics and Science Olympic (IMSO) di Bali yang berlangsung mulai dari tanggal 5 hingga 11 Oktober 2014.

Continue reading

Indonesia Kantongi Juara Umum MTQ Internasional 2014

Tim nasional Indonesia berhasil merebut predikat sebagai juara umum dalam ajang Musbaqoh Tilawatil Quran Internasional di Palembang, 23-27 September 2014. Hasil ini diperoleh setelah dewan hakim mengumumkan 15 orang terbaik dalam tiga rangkai perlombaan berbeda. Dari 15 orang tersebut 3 diantaranya merupakan Qori dan Qoriah dari Indonesia.


Continue reading

Helm Anti-Kantuk Ciptaan Anak Bangsa Dapatkan Medali Emas di Malaysia

Indonesia memiliki banyak pengguna sepeda motor. Kendaraan ini memang dianggap sebagai cara tercepat dan murah untuk sampai ke tempat tujuan, terutama pada kota-kota besar. Namun, seringkali ketika mengendarai sepeda motor, tubuh merasa lelah dan kantukpun tak terbendung. Karena itulah, dua mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya), yaitu Kristiawan Manik dan Ricky Nathaniel Joevan menciptakan helm antikantuk.

Continue reading

14 Anak Bangsa Raih Medali Emas pada Olimpiade Matematika Internasional

 

International Mathematics Contest (IMC) yang diadakan di Singapura pada tanggal 1-4 Agustus 2014 yang lalu menjadi ajang pembuktian prestasi bagi 14 pelajar Indonesia dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Mereka berhasil memborong medali emas setelah menjalani persaingan yang sangat ketat dari pelajar lainnya yang datang dari seluruh dunia.

Continue reading

Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Raih Penghargaan Peneliti Muda Terbaik se-Asia Pasifik

Dosen Fakultas Farmasi UGM, Dr. Abdul Rohman, dinobatkan menjadi peneliti muda terbaik se-Asia Pasifik setelah mendapatkan penghargaan ProSPER.Net Young Scopus Scientist Award untuk kategori bidang pembangunan pertanian berkelanjutan. Abdul, demikian ia akrab disapa, berhasil menyisihkan 100 kandidat peneliti muda lainnya dari berbagai negara dalam penyerahan penghargaan tersebut di Tokyo Jepang pada 11-12 Juli lalu.

Continue reading