Dari Sampah Rambut Menjadi Medali Emas


Berawal dari melihat banyaknya sampah rambut di salon, Samuel Benedict merasa tergelitik. Murid kelas 12 IPA di SMA Santa Laurensia, Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan ini berpikir, apa yang bisa dilakukan supaya limbah rambut karena jumlahnya yang banyak. Ia-pun berinisiatif untuk mencari tahu informasi apa saja kandungan yang ada di rambut. Dari pencariannya, ia mengetahui ada zat keratin yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas cat.
Continue reading

44 Medali di Boyong Indonesia Dalam Lomba Debat di AS

12 orang siswa Indonesia berhasil memenangkan medali di ajang debat bahasa Inggris Internasional atau World Scholars Cup (WSC) yang diselenggarakan di Universitas Yale, Amerika Serikat. Tidak tanggung-tanggung, siswa-siswi dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Global Sevilla Puri Indah, Jakarta.berhasil membawa pulang 44 buah medali!

Continue reading

Inventor Muda Indonesia Ukir Prestasi di Korsel

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil mengharumkan nama bangsa atas prestasi mereka dalam meraih medali emas dan semi-grand award di ajang World Invention Creativity Contest (WICC) 2016. Kompetisi ini diselenggarakan di Gangnam, Seoul, Korea Selatan, atas inisiatif Korea University Invention Association (KUIA) yang bekerja sama dengan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA). Kompetisi ini menjaring ratusan inventor muda dari berbagai belahan dunia, antara lain Malaysia, Korea Selatan, Vietnam, Amerika Serikat (AS), Taiwan, China, Filipina, dan lainnya.

Continue reading

Bhirawa, Mahasiswa Pertama Indonesia Peraih Gelar Ilmu Hukum Prancis

Seorang alumnus Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (FH UGM) tahun 2015, Bhirawa J. Arifi berhasil mencatatkan dirinya sebagai orang Indonesia pertama yang meraih Gelar Magister Hukum Prancis dari Universite Paris 1-Panthon Sorbonne, Paris, Prancis. Bukan hanya itu saja Bhirawa juga tercatat sebagai peraih gelar termuda peraih LLM “Hukum Prancis (dan Francophonie) dan Hukum Eropa” tahun 2016 ini dari universitas tersebut.

Continue reading

Nusantara Mengaji Torehkan Rekor MURI

Bulan Ramadan memang bulan penuh ibadah, mungkin inilah yang menginspirasi Gerakan Nusantara Mengaji yang diinisiasi oleh Muhaimin Inskandar. Gerakan ini berhasil membukukan namanya di Rekor MURI atas kegiatan khataman Al-Quran yang dilakukan secara serempak oleh 3 juta orang di 34 provinsi dan 350 ribu kali khatam Al-Quran. Luar biasa ya!

Penyerahan penghargaan ini dihadiri oleh tiga menteri. Ketiganya adalah Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Marwan Jafar, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohammad Nasir.