15 Prestasi Indonesia yang Jarang Dikenal

Selain memiliki sumber daya alam yang luar biasa, Indonesia juga memiliki anak-anak bangsa yang bisa membuat negara bangga. Berikut adalah 15 prestasi Indonesia di mata dunia yang jarang kita sendiri sebagai anak bangsa kurang mengenalnya.

  1. Pabrik Mattel pembuat barbie dari AS hanya ada 2 didunia yaitu di China dan di Jababeka, Cikarang, Bekasi.
  2. Airbridge – atau yang lebih kita kenal sebagai tangga belalai menuju pintu pesawat yang ada di bandara-bandara dunia kali pertama dibuat oleh PT Bukaka, Indonesia.
  3. PT.PAL sukses membuat salah satu kapal terbaik didunia bernama “Star 50″ berbobot 50,000 ton. Salah satu negara yg memesan kapal tersebut adalah Singapura.
  4. Di Singapura gamelan menjadi mata pelajaran wajib di SD pada hampir sebagian wilayahnya.
  5. Brand internasional yang sangat prestisius, Gucci,menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya.
  6. Indofood adalah produsen mie instan terbesar di dunia.
  7. Mobil terpopuler di Uni Emirat Arab adalah Toyota Kijang Innova. Mobil ini sepenuhnya diproduksi di Indonesia.
  8. Bunga nasional Korea Utara yang sangat popular Kimilsungia berasal dari Indonesia dan diberi nama oleh Presiden RI Ir. Soekarno.
  9. Tas Bagteria made in Indonesia telah dijajakan diberbagai etalase mall-mall kelas atas di 32 negara diseluruh penjuru dunia. Tas ini dipakai Paris Hilton, Zara Phillips, Emma Thomson, dan Audrey Tatou.
  10. Pejuang HAM legendaris bapak pembebasan Negara Afrika Selatan Nelson Mandela,setelah berhasil menghapus apartheid di negerinya, mengakui bahwa perjuangannya itu diinspirasikan perjuangan Syekh Yusuf dari Makassar.
  11. Sampul TIME magazine Special Edition on Asian Heroes, menampilkan penyanyi Iwan Fals.
  12. Mobil prestisius,Mercedes Benz, menggunakan knalpot buatan Indonesia yang pengerjaannya sepenuhnya dilakukan di Purbalingga, Jawa Tengah.
  13. Presiden RI ke-3, BJ Habibie merupakan pemegang 46 paten di bidang aeronautika dunia.
  14. David Foster mengaku, lagu ciptaanya ‘To Love You More’ yg dibawakan Celine Dion terinspirasi dari musik Keroncong Indonesia.
  15. Menara Kuala Lumpur dirancang oleh putra Indonesia, Ir. Achmad Murdijat alumni ITB.

 

 

PT Tanamera Kopi Indonesia, Juaranya Kopi di AICA 2015

Pada ajang The Australian International Coffee Awards (AICA) 2015, PT Tanamera Kopi Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama setelah berhasil menyingkirkan 700 peserta dari berbagai negara. Menurut Clive Samuel, Direktur PT Tanamera Kopi Indonesia, keberhasilan ini merupakan bukti kemajuan industri kopi Indonesia dengan cita rasa tinggi kualitas kopi terbaik. Clive Samuel, kebangsaan Inggris dan John Lee, warga Korea Selatan bekerja sebagai roaster untuk perusahaan Tanamera Kopi Indonesia, yang berada di kawasan Thamrin, Jakarta.

Tanamera Kopi Continue reading

Bus Listrik, Langkah Baru Dunia Otomotif Di Indonesia Saat Ini

Dasep AhmadiSaat ini masyarakat membutuhkan sarana transportasi yang tarifnya tidak terpengaruh oleh kenaikan harga BBM. Menanggapi persoalan  tersebut, PT Sarimas Ahmadi Pratama memiliki jawaban yang tepat. Hal ini disebabkan PT Sarimas Ahmadi Pratama membuat bus listrik, dimana busnya tidak membutuhkan BBM subsidi, aman dan nyaman, hemat energi, dan uang subsidi bisa digunakan untuk investasi lain.

Continue reading

Chris Lie, Komikus Lokal yang Mendunia

Chris LieTahukan Anda bahwa ada orang Indonesia di balik tokoh dan komik GI Joe atau serial komik Return to Labirynth dan Ninja Tales? Ya, namanya Chris Lie yang merupakan seorang ilustrator atau penggambar lulusan dari Arsitektur ITB. Untuk memperdalam ilmunya, kemudian Chris Lie atau Chrisiawan melanjutkan pendidikannya di Savannah College of Art and Design.

Continue reading

Ekonomi Kreatif Mampu Lestarikan Warisan Budaya

Mari Elka Pangestu selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mewakili Indonesia dalam Forum Dunia UNESCO yang ketiga mengenai Budaya dan Industri Budaya (Third UNESCO World Forum on Culture and Cultural Industries) di Florence, Italia. Menparekraf diberi kesempatan untuk memberikan keynote speech pada sesi pembukaan. Apresiasi pada UNESCO karena telah lama berjuang agar budaya dan industri kreatif dapat menjadi motor dan penggerak dari pembangunan yang berkelanjutan pun disampaikan oleh Menparekref.
marielka

Continue reading

Penemu Alat Terapi Kanker Raih Anugerah “HKI 2014″

Pada peringatan Hari Kekayaan Intelektual sedunia ke-14 di Jakarta, Senin 5 Mei 2014 yang lalu, Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia memberikan penghargaan Anugrah HKI 2014 kepada Dr Warsito Purwo Taruno M.Eng untuk kategori inventor.

Direktur Eksekutif CTech Laboratories Edwar Technology ini mengembangkan prototype untuk teknologi kapasitasi listrik berbasis medan listrik pada tahun 2004 dan meneruskan riset dan pembelajaran aplikasi baru untuk teknologi tersebut. Ia dan lembaga yang dipimpinnya telah berkolaborasi dengan universitas dan institusi terkemuka dunia untuk penelitian dan pengembangan, termasuk NASA, Departemen Energi Amerika Serikat dan Kyoto University.

Continue reading