Dua Spesies Tarsius Baru di Sulawesi

Sulawesi kini memiliki 11 jenis Tarsius, setelah penemuan 2 jenis baru yaitu Tarsius spectrumgurskyae dan Tarsius supriatnai. Pemberian nama itu untuk menghormati dua ilmuwan yang telah berperan penting dalam upaya konservasi di Indonesia. Mereka adalah Dr. Sharon Gursky, seorang profesor antropologi di Universitas Texas A & M di Amerika Serikat, dan Dr. Jatna Supriatna, seorang profesor biologi di Universitas Indonesia.

Continue reading

Kecintaan Terhadap Lingkungan yang Berbuah Penghargaan

Berawal dari kepeduliannya terhadap hutan Indonesia yang semakin habis akibat pembalakan liar, seorang ahli biologi Rudi Putra berupaya keras untuk menutup perkebunan kelapa sawit gelap yang berada di Sumatera Utara.

Kecintaannya terhadap alam dan binatang muncul saat ia duduk di tingkat sekolah menengah di Aceh. Saat itu Rudi menyadari bahwa perkebuanan kelapa sawit gelap merupakan penyebab kehancuran hutan besar-besaran dan dapat memusnahkan seluruh ekosistem hutan yang telah ada ribuan tahun sebelum kemunculan manusia dan menjadi rumah bagi badak Sumatera yang terancam punah.

Continue reading

Indonesia Mendapatkan Emas di Hong Kong Flower Show 2014

Sekali lagi, Indonesia meraih prestasi dengan memenangkan Penghargaan Emas di  Hongkong Flower Show 2014, yang masih berlangsung di Victoria Park, Causeway Road, Hong Kong mulai dari tanggal 7-16 maret 2014. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi untuk peserta yang memberikan penampilan rangkaian bunga terbaik.

Di dalam paviliun Indonesia yang penuh bunga

Di dalam paviliun Indonesia yang penuh bunga

Continue reading

Varietas Kedelai Genjah Indonesia Dapat Gantikan Kedelai Impor

Ternyata sekarang ada solusi dari krisis kedelai impor yang sempat terjadi belakangan ini. Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) berhasil menciptakan varietas kedelai baru yang masuk ke dalam kategori super-genjah atau memiliki umur panen hanya 66-68 hari. Varietas yang diberunama Gamasugen 1 dan Gamasugen 2 ini merupakan pengembangan dari benih induk kedelai Tidar yang melalui proses teknik mutasi radiasi.

kedelai

 

Continue reading

Ayam Hitam nan Eksotis dari Indonesia

Hitam tak selamanya kelam. Kalimat ini cocok dikaitkan untuk mendeskripsikan Ayam Cemani. Ya, Ayam Cemani adalah hewan khas Indonesia yang terkenal karena seluruh badannya berwarna hitam. Mulai dari bulu, jengger, paruh, cakar hingga tulang dan dagingnya pun berwarna hitam. Meskipun berpenampilan serba hitam, bukan berarti Ayam Cemani menyeramkan loh.

Continue reading