6 Ilmuwan Indonesia dan Temuannya yang Mendunia

collage

(Kiri-Kanan: Mulyoto Pangestu, Prof. Dr. Ir. Sedijatmo, Dr. Eng. Khoirul Anwar, Prof. Dr. Rahmiana Zein, Warsito Taruno, Dr. Joe Hin Tjio)

Selama ini Indonesia hanya dikenal dunia Internasional karena pemberitaan yang cenderung negatif, seperti kasus Bom Bali hingga korupsi. Padahal, ada beberapa ilmuwan Indonesia yang dikenal di kancah Internasional karena hasil temuannya. Temuan dari beberapa ilmuan Indonesia ini digunakan dimana-mana dan manfaatnya dirasakan oleh banyak orang. Yuk, simak 6 orang ilmuwan asal Indonesia serta temuannya! Continue reading

Chris Lie, Komikus Lokal yang Mendunia

Chris LieTahukan Anda bahwa ada orang Indonesia di balik tokoh dan komik GI Joe atau serial komik Return to Labirynth dan Ninja Tales? Ya, namanya Chris Lie yang merupakan seorang ilustrator atau penggambar lulusan dari Arsitektur ITB. Untuk memperdalam ilmunya, kemudian Chris Lie atau Chrisiawan melanjutkan pendidikannya di Savannah College of Art and Design.

Continue reading

Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Raih Penghargaan Peneliti Muda Terbaik se-Asia Pasifik

Dosen Fakultas Farmasi UGM, Dr. Abdul Rohman, dinobatkan menjadi peneliti muda terbaik se-Asia Pasifik setelah mendapatkan penghargaan ProSPER.Net Young Scopus Scientist Award untuk kategori bidang pembangunan pertanian berkelanjutan. Abdul, demikian ia akrab disapa, berhasil menyisihkan 100 kandidat peneliti muda lainnya dari berbagai negara dalam penyerahan penghargaan tersebut di Tokyo Jepang pada 11-12 Juli lalu.

Continue reading

Aspal Kualitas Nomor 1 dari Indonesia

Aspal Buton atau yang dikenal dengan Asbuton adalah sumber daya alam asli dari Sulawesi Tenggara, kabupaten Buton. Namanya terinspirasi dari orang yang menemukan aspal ini. Konon, aspal Buton ditemukan sekitar tahun 1924 oleh geolog Belanda bernama WH Hetzel Asbuton dan mulai digunakan dalam pengaspalan jalan sejak 1926. Pulau di bagian tenggara Sulawesi ini menyimpan sekitar 80 persen dari total cadangan aspal alam dunia. Sisanya ada di Trinidad, Meksiko dan Kanada.

Continue reading