Film Animasi Pertama Indonesia yang Dilirik Walt Diseney Pictures

Header Battle of Surabaya 650x400pxlSatu pencapaian yang cukup besar telah dilahirkan oleh MSV Pictures setelah selama 3 tahun lamanya produksi, akhirnya film perdana mereka yang berjudul Battle of Surabaya akhirnya resmi tayang di seluruh bioskop tanah air yang di mulai tanggal 20 Agustus 2015. Film Battle of Surabaya ini sendiri merupakan film animasi 2 dimensi yang diambil dari tema sejarah bangsa Indonesia.

Dalam masa penggarapannya, trailer film animasi ini telah beberapa kali memperoleh banyak penghargaan diantaranya yaitu Digital Animation INAICTA (Indonesia Information and Communication Technology Award) serta Idigo Fellowship tahun 2012, selanjutnya pada People’s Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2014 dan juga Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014. Dan yang paling membanggakan adalah bahwa film besutan sutradara Aryanto Yuniawan ini merupakan film pertama Indonesia yang dilirik oleh salah satu production internasional dunia sekelas Walt Disney Pictures.

Battle of Surabaya 3

Seperti apa yang telah dikatakan oleh Aryanto ketika ditemui di XXI Episentrum Walk Jakarta Selatan pada Selasa 18 Agustus 2015 lalu, bahwa memang pihak Walt Disney sempat mendatangi tim film Battle of Surabaya untuk memberikan masukan dan memberikan beberapa hal yang positif untuk film anak negeri tersebut. Dan bahkan Walt Disney juga mengatakan akan menawarkan suatu kerja sama yang profesional berupa pendistribusian film animasi tersebut ke pasar Internasional.

Film Battle of Surabaya sendiri menceritakan tentang sebuah kisah anak kecil yang bernama Musa. Tokoh Musa ini berasal dari sebuah keluarga yang bersahaja yang terus menjalani hidupnya ditengah pahitnya peperangan. Akibat kondisi ekonominya yang begitu morat- marit memaksa Musa untuk bekerja keras sebagai seorang tukang semir sepatu dan juga memiliki tugas sebagai Code Messenger untuk para tentara dan milisi perjuangan.

Battle of Surabaya 5

Dan petualangan semakin seru tatkala Musa serta teman-temannya Yumna dan Danu, turut berjuang dalam memperoleh kemerdekaan. Film Battle of Surabaya ini sendiri juga di dubbing oleh orang-orang terkenal seperti Maudy Ayunda, Reza Rahardian, Ian Saybani, Jason Williams, Tanaka Hidetoshi, Sana Hamada serta Alejandro Esteban.

Joko Anwar, sutradarai Halfworlds untuk HBO Asia

Joko Anwar, sutradara ternama asal Indonesia diberi kepercayaan oleh HBO Asia untuk menyutradarai film seri dengan judul Halfworlds sekaligus menjadi penulis naskah cerita bersama dengan Colin Chang. Halfworlds menceritakan mengenai seorang seniman jalanan yang mencari jati dirinya ketika ia berada di tengah pertempuran antara manusia dan makhluk halus.

Continue reading

I’M STAR Raih Banyak Penghargaan di Berbagai Belahan Dunia

Insan perfilman Indonesia terus berkarya. Meski apresiasi belum banyak datang dari penikmat bangsa sendiri, nyatanya banyak dari film Indonesia meraih penghargaan di luar negeri. Tidak terkecuali film besutan Damien Dematra yang berjudul I’M STAR.

Film ini mengangkat tema yang dianggap belum biasa. Dibandingkan dengan banyak film Indonesia yang mengangkat romansa, I’M STAR menjadikan autisme sebagai tema cerita.

Continue reading