Telkom 3S, Satelit Terbaru Kebanggaan Indonesia

Satelit Telkom 3S berhasil diluncurkan sesuai jadwal dari Guiana Space Center di Kourou pada 14 Februari 2017 lalu, tepat pukul 18.39 waktu setempat. Satelit ini menggantikan  Telkom 3 yang gagal mengorbit pada 6 Agustus 2012 lalu dan secara resmi menjadi satelit milik PT Telkom yang ke-9. Telkom 3S adalah satelit ke-18 dari Indonesia sejak satelit Palapa A1 diluncurkan pada 9 Juli 1976. Pada bulan April nanti, PT Telkom mengoperasikan tiga satelit sekaligus, yaitu Telkom 1, Telkom 2, dan Telkom 3S.

Continue reading

Indonesia Juara Umum Ke-3 di Olimpiade Sains di Brazil

Indonesia kembali mengharumkan namanya di kancah dunia dengan meraih prestasi gemilang di ajang olimpiade tingkat internasional. Kali ini pada ajang Olimpiade Internasional Kebumian atau International Earth Science Olympiad (IESO) yang diadakan di Pocos de Caldas, Brazil, pada 13-20 September 2015. Indonesia menjuarai urutan ke-3, meraih satu medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu.

Continue reading

UGM Kembangkan Sendi Buatan

[overview osteoporosis & osteoarthritis dan masalah yang ditimbulkan pada sendi]

Hingga saat ini kebanyakan sendi buatan yang ada di Indonesia masih berasal dari negara lain. Hal ini menyebabkan ukuran sendi tidak sesuai dengan morfometri orang Indonesia. Menanggapi hal ini, para peneliti di Fakultas Teknik dan Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan organ sendi buatan yang diharapkan mampu membantu penderita Osteoarthritis atau Osteoporosis.

UGM Kembangkan Sendi BuatanSendi buatan digunakan dalam operasi penggantian sendi total. Metode ini terbukti dapat mengurangi rasa sakit dan mengembalikan fungsi sendi seperti sebelumnya, terutama pada sendi lutut dan panggul. Continue reading

4 Arkeolog Indonesia Masuk dalam The World’s Most Influential Scientific Minds 2014

Rokus Awe Due, Jatmiko, E. Wahyu Saptomo, dan Thomas Sutikna adalah empat arkeolog Indonesia dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) di Jakarta. Mereka masuk dalam daftar ilmuwan paling berpengaruh di dunia atau The World’s Most Influental Scientific Minds 2014 dalam bidang ilmu sosial oleh Thomson Reuters.

4 arkeolog Continue reading

Raymond Sihombing, Ahli Hukum Luar Angkasa Pertama dari Indonesia

Raymond SihombingSebagai warga negara Indonesia kita perlu berbangga karena akhirnya ada seorang perwakilan dari Indonesia yang menekuni hukum luar angkasa. Raymond Jr Pardamean Sihombing yang pakar dalam bidang hukum luar angkasa atau sub-orbital law ini mampu membuktikan bahwa Indonesia bisa menekuni ilmu yang di Rusia rata-rata berasal dari negara Eropa, Amerika dan Rusia.

Continue reading

6 Ilmuwan Indonesia dan Temuannya yang Mendunia

collage

(Kiri-Kanan: Mulyoto Pangestu, Prof. Dr. Ir. Sedijatmo, Dr. Eng. Khoirul Anwar, Prof. Dr. Rahmiana Zein, Warsito Taruno, Dr. Joe Hin Tjio)

Selama ini Indonesia hanya dikenal dunia Internasional karena pemberitaan yang cenderung negatif, seperti kasus Bom Bali hingga korupsi. Padahal, ada beberapa ilmuwan Indonesia yang dikenal di kancah Internasional karena hasil temuannya. Temuan dari beberapa ilmuan Indonesia ini digunakan dimana-mana dan manfaatnya dirasakan oleh banyak orang. Yuk, simak 6 orang ilmuwan asal Indonesia serta temuannya! Continue reading