Perjuangan untuk Mempertahankan Tenun Ikat Memikat

Keberadaan tenun ikat yang sudah langka sangat memprihatinkan bagi Alfonsa Horeng, seorang lulusan dari sebuah perguruan tinggi di Surabaya jurusan ilmu teknologi pertanian. Kain tenun ikat yang berasal dari NTT ini perlahan sudah mulai ditinggalkan oleh penduduk lokal. Keinginan dan kepeduliannya untuk kembali melestarikan warisan turun-temurun ini dia wujudkan dengan cara mendirikan Sentra Tenun Ikat Lepo Lorun di Desa Nita, kecamatan Nita, Kabupaten Sikka di Pulau Flores, NTT. Sebenarnya apa yang Alfonsa Horeng lakukan tidak hanya sekedar untuk melestarikan kain tenun ikat namun juga memeberdayakan para perajin tenun ikat tradisional.

Continue reading

Wanita Cantik Pengekspor Beras Organik yang Sayang Petani

Emily Sutanto, pendiri dan direktur utama dari PT. Bloom Argo yang berlokasi di Tasikmalaya, Jawa Barat ini berhasil mendapatkan sertifikat beras organik yang dikeluarkan oleh Institute of Marketecology-yaitu lembaga sertifikasi organik internasional yang berbasis di Swiss, yang terakreditasi mendunia- untuk memuluskan jalannya mengekspor beras organik produksi Tasikmalaya ini ke tiga negara yang dianggap ‘ketat’ dalam urusan  mengenai sistem keamanannya di di dunia, yaitu Amerika Serikat dengan US Department of Agricultural National Organic Program, Uni Eropa dan Jepang dengan Japanese Agricultural Standard. Dan pada hari Minggu (30/8) PT. Bloom Agro melakukan pengapalan untuk ekspor tahap awal pengiriman sebanyak 18 ton di Tanjung Priok, Jakarta.

Continue reading

Masih muda diperhitungkan dunia

Alvin Tjitrowirjo salah seorang dari 10 finalis International Young Creative Entrepreneur (IYCE) 2009. Kelahiran Jakarta 1083  ini pantas dinobatkan sebagai salah satu kandidat juaranya. Karyanya sudah cukup mengguncang dunia dengan konsep desain yang unik dan orisinil. Sebagai gambaran betapa karyannya itu menonjol, sejumlah media di dunia pernah menuliskan profilnya seperti Melbourne Magazine (Australia) Syney Herald Sun (Australia), IDN (Hongkong), Ambiente (Jerman), Frankfurter Allgemeine (Jerman), dan puluhan media Indonesia. Seperti apa desainnya?

Continue reading