Gamelan: Kesenian Indonesia yang Menjadi Primadona di Amerika

Gamelan adalah kesenian asli milik bangsa Indonesia, alat musik dari logam ini dalam perkembangannya di negeri sendiri seolah dianaktirikan, kadang ia dicap sebagai seni tradisional masyarakat pinggiran dan ketinggalan jaman. Hal kontras justru terjadi di Amerika Serikat, alat musik Jawa ini telah menjadi salah satu kurikulum pedidikan di negeri Paman Sam tersebut.

Continue reading

Mobil Karya Anak Bangsa, Ter-irit di Asia

Perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia, Shell, menantang para pelajar seluruh Asia untuk mengembangkan kreativitas mereka dalam inovasi teknologi kendaraan. Indonesia pun tak mau kalah unjuk gigi dalam kompetisi internasional bertajuk Shell Eco-marathon Asia (SEM-Asia) ini. Hasilnya? Tidak tanggung- tanggung, Indonesia berhasil memboyong 3 penghargaan sekaligus untuk konsep desain mobil hemat BBM (Combustion Grand Prize), Gasoline Fuel Award, dan People’s Choice Award.

Continue reading

Karya Film Anak Bangsa Memukau Pentas Perfilman Internasional

Adalah Chairun Nissa, seorang sutradara muda yang membuktikan bahwa film karya anak bangsa juga dapat “tampil” di pentas perfilman internasional. Film yan bertajuk “Purnama di Pesisir” ini berhasil menyabet penghargaan “special Mention” di festival film RIFF (Roma Independent Film Festival) yang berlangsung di Roma, Italia.

Purnama di Pesisir merupakan film pertama dari Indonesia yang berlaga pada RIFF sejak dimulainya festival tersebut 9 tahun yang lalu. Karya Nissa harus bersaing ketat dengan 18 film pendek unggulan hasil seleksi Dewan Juri RIFF dari sekitar 60 judul film dari seluruh dunia.

Continue reading