Salah Satu Kopi Terbaik Dunia, Ada Di Ujung Indonesia

Kopi Gayo – sebuah komoditas kopi yang namanya berasal dari nama suku yang mendiami wilayah perkebunan ini – sudah ada sejak tahun 1904, di masa penjajahan Belanda yang mengembangkan keahlian menanam kopi bersamaan dengan kedatangan Belanda – yang ‘berjasa’ dalam potensi perkembangan kopi dan pinus di tanah orang Gayo. Tanaman kopi Gayo ini tumbuh subur berkat iklim dingin di tiga wilayah, yakni: Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues. Ketiga wilayah itu memiliki ketinggian 1200 meter dari permukaan laut.

Continue reading

Waralaba Indonesia Kini Hadir di Filipina dan Malaysia

Kebab Baba Rafi

Di tengah gencarnya waralaba yang berasal dari negeri Paman Sam di kalangan anak muda, sebuah waralaba dari Indonesia secara perlahan-lahan mulai merambah negara tetangga.

PT. Baba Rafi Indonesia berhasil menembus pasar di Filipina dan Malaysia setelah adanya perjanjian kerja sama dengan Master Franchise dari kedua negara tersebut. Master Franchise adalah hak yang diberikan kepada penerima waralaba dari pemberi waralaba untuk membuka dan mengelola bisnis waralabanya dalam suatu wilayah tertentu.

Continue reading