Keren kok Gak Beken?

Masih ingat video di atas?

Alunan Sasando keren ala Berto Pah. Sejak kemunculannya nama Sasando mulai terangkat lagi. Tapi, hingga kini, kenyataannya hanya sedikit orang yg bisa memainkan Sasando, bahkan masih ada yang tidak tahu apa itu Sasando. Sepertinya kita rela ‘Harpa Nusantara’ punah. Gila!

Jujur saja alat musik ini memang keren bunyinya, tapi mengapa masih kalah beken dengan yang impor? Tergantung kita, nasib Sasando ada di tangan kita, anak-anak muda harapan bangsa. Jujur saja kita semua suka Sasando, sebagian dari kita suka tapi malas mencoba memainkannya, dan sebagian lagi suka, ingin mencoba, tapi keterbatasan harus jadi tembok penghalang.

Ayo anak-anak muda Indonesia, mulai sekarang kita bahu-membahu dalam memainkan keragaman warisan bangsa dengan cara yang keren. Kita buat Indonesia bangga. Salah satunya, kita buat Sasando beken!

 

Salam Bangga Indonesia!

Cerdiknya Putra Bangsa untuk Asiknya Musik Indonesia

 

 

http://3.bp.blogspot.com/_flXYY7xMt90/TPCh5rlzggI/AAAAAAAAAE4/9A--TTqihAE/s1600/guitar_effects.jpg

Hobi bermain musik memang asik. Namun banyak yang berpendapat bahwa untuk sukses di dunia musik butuh modal besar, bukan cuma bakat dan keterampilan. Contohnya modal untuk membeli alat musik. Kebanyakan alat musik yang berkualitas pasti berharga mahal, kalau murah, kualitasnya murahan. Salah satu kebutuhan dalam bermusik adalah efek gitar dan bass. Dengan fitur yang terbatas, kita harus membayar mahal untuk memilikinya. Hal inilah yang akhirnya melecut seorang putra bangsa untuk bisa membuat efek sendiri dengan kualitas yang sama, bahkan jauh lebih ‘gila’.

 

  Continue reading

Surganya Penakluk Ombak

Indonesian Escape 2011: Movement Magazine Issue 39 from Jem Cresswell on Vimeo.

Saudara-saudara kita di Nias mungkin ditakdirkan sebagai penakluk. Salah satunya di darat, batu tinggi mereka taklukkan dengan Lompat Batu, sebuah tradisi turun-temurun orang-orang Nias yang mengagumkan. Keindahan alam Nias juga sangat mempesona, mulai dari hutan hijau, hingga air terjun beserta bebatuan gagah yang membentenginya. Tapi, tak cuma di darat, Nias juga terkenal dengan ombak laut yang besar, maka tak heran jika banyak turis mancanegara, bahkan atlet profesional tergiur dengan sensasi penaklukannya.

 

sumber: Movement Magazine

Bangga Berbatik di Negeri 1001 Batik

Mungkin tidak banyak yang mengetahui atau menyadari bahwa tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik.  Memang, Hari Batik merupakan hari peringatan yang tergolong baru jika dibandingkan dengan hari peringatan lainnya. Namun, melalui Hari Batik inilah pemerintah dan dunia mengapresiasi luhurnya nilai batik sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia karena pada tanggal inilah UNESCO menetapkan batik sebagai milik Indonesia.

Continue reading