Ilmuwan Muda Yang Berprestasi Di Amerika

1249461-dr-taufik-calpoly--620X310

Dr. Taufik adalah seorang ilmuwan muda kelahiran Jakarta, 13 September 1969 yang mengajar di California Polytechnic Institute (Cal Poly), California, Amerika Serikat bidang kelistrikan dan energi. Awal ketertarikan Dr.taufik dalam dunia elektronik  pada saat dia duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA), dia memutuskan untuk mengabil jurusan A1 (Fisika) dan dari sanalah professor muda kita  memutuskan untuk jadi insinyur, walaupun waktu kecil dia bercita-cita menjadi seorang tentara.

Continue reading

Rasa Kenikmatan Dari Tanah Air Ku

Manfaat Kopi Luwak

Kopi Luwak adalah seduhan kopi yang menggunakan biji kopi yang berasal dari kotoran Luwak/Musang kelapa, biji kopi ini dipercaya akan menimbulkan rasa yang berbeda setelah di makan dan melewati saluran pencernaan Luwak. Kopi Luwak sudah lama diketahui di Asia Tenggara tetapi baru dikenal oleh peminat kopi gourmet sejak di publikasi pada tahun 1980-an, biji Kopi Luwak yang termahal di dinia mencapai USD 100 per 450 gram.

Continue reading

Cahaya Dalam Perut Bumi

408307_287129874728916_7642843_n

 

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunung Kidul terdapat sebuah gua vertikal yang jarak antara bibir gua dan dasarnya beragam, jarak yang paling jauh sekitar 80 meter, gua vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Karena itu gua yang memiliki luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang. Pada tahun 2011, Gua Jomblang dijadikan tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika.

Continue reading

Layang-layang Pertama Bukan dari Cina

kaghati kolope

Yap, layang-layang pertama di dunia berasal dari Indonesia, namanya Kaghati Kolope.

Sejak dulu kita beranggapan bahwa bangsa Cina-lah yang menemukan layang-layang, namun klaim itu dipatahkan pada tahun 1997 saat ahli layang-layang berkebangsaan Jerman menyatakan bahwa Kaghati adalah layang-layang tertua di dunia, bahkan melebihi layang-layang bangsa Cina yang telah ada sejak 2800 tahun yang lalu.

Continue reading

Konservasi Orangutan terbesar di Dunia ada di Borneo

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan Taman Nasional yang terletak di semenanjung Kalimantan Tengah, disini terdapat Konservasi Orangutan terbesar di Dunia dengan populasi diperkirakan 30.000 sampai dengan 40.000 orangutan yang tersebar di Taman Nasional dan juga diluar Taman Nasional ini. selain itu Taman Nasional Tanjung Puting juga merupakan Cagar Biosfer yang ditunjuk pada tahun 1977 dengan area inti Taman Nasional Tanjung Puting seluas 415.040 ha yang ditetapkan pada tahun 1982.

orangutan

 

Continue reading