Kecintaan Terhadap Lingkungan yang Berbuah Penghargaan

Berawal dari kepeduliannya terhadap hutan Indonesia yang semakin habis akibat pembalakan liar, seorang ahli biologi Rudi Putra berupaya keras untuk menutup perkebunan kelapa sawit gelap yang berada di Sumatera Utara.

Kecintaannya terhadap alam dan binatang muncul saat ia duduk di tingkat sekolah menengah di Aceh. Saat itu Rudi menyadari bahwa perkebuanan kelapa sawit gelap merupakan penyebab kehancuran hutan besar-besaran dan dapat memusnahkan seluruh ekosistem hutan yang telah ada ribuan tahun sebelum kemunculan manusia dan menjadi rumah bagi badak Sumatera yang terancam punah.

Continue reading

Sandeq, Primadona Maritim dari Mandar

Semua pasti tahu lagu “Nenek Moyangku Orang Pelaut” yang membahas ketangguhan orang Indonesia dalam mengarungi samudera. Sebagai buktinya, Indonesia dikenal memiliki beberapa kapal tangguh yang membantu penduduknya untuk melintas samudera dan berdagang dengan negara atau wilayah tetangganya. Hal ini juga diperkuat dengan relief kapal kuno yang terdapat pada Candi Borobudur. Diduga, relief-relief tersebut menggambarkan jenis kapal yang digunakan oleh Dinasti Syailendra dan Kekaisaran Bahari Sriwijaya yang menguasai perairan Nusantara pada abad ke-7 hingga abad ke-13.

Continue reading

Danau Vulkanik Terbesar di Dunia Menjadi Taman Geologi Nasional

Keindahan Danau Toba baru-baru ini semakin diapresiasi karena kini danau tersebut telah dinobatkan sebagai Taman Geologi Nasional (National Geopark) oleh Presiden Yudhoyono, bersamaan dengan peresmian Bandara Kualanamu di Medan dan 5 bandar udara lainnya di wilayah Sumatera. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kawah vulkanik terbesar di dunia ini.

Danau Toba sendiri memiliki panjang 100 km, lebar 30 km, memiliki kedalaman 505 meter dan berada pada 900 meter di atas permukaan laut. Danau ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang tercatat skalanya sebagai supervolcano pada 75.000 tahun yang lalu. Letusannya dianggap sebagai yang terbesar dalam 2 juta tahun, dan menyebabkan musim dingin karena abu vulkanik yang menutupi atmosfer bumi. Sebagai gambaran betapa besarnya letusan gunung yang sekarang menjad Danau Toba ini, debu yang disemburkannya ditemukan hingga Danau Malawi di Afrika Timur. Letusan ini juga menghasilkan Pulau Samosir yang bila diukur memiliki ukuran sebesar negara tetangga kita, Singapura.

Continue reading