Sedapnya Es Puter dari Masa ke Masa

Indonesia memang memiliki ragam makanan, mulai dari makanan berat, hingga jajanan yang beraneka rasa.Salah satunya adalah es puter atau yang populer di masyarakat dengan nama es dong-dong atau es tung-tung. Es yang dulu sempat menjadi idola anak-anak ini ternyata asli Indonesia dan tidak ditemukan di manapun.

Es puter sendiri merupakan hasil kreasi orang Indonesia, yang pada jaman penjajahan Belanda ingin mencicipi es krim. Hidangan ini disebut es puter karena dalam pembuatannya, adonan diputar-putar dalam alat pembuat es hingga mengkristal. Walau kelihatan sederhana, ada yang unik dengan es puter dibandingkan dengan es krim yang biasa kita makan. Ya, bahan dasar es puter bukanlah susu, melainkan santan!

Continue reading

Karya Ilmiah Anak Muda Indonesia Berbuah Dua Penghargaan Internasional

Seperti tiada habisnya prestasi anak muda Indonesia, kali ini kabar gembira datang dari Muhtaza Aziziya Syafiq dan Anjani Rahma Putri, siswi SMA Negeri 1 Sekayu, Sumatera Selatan yang berhasil meraih 2 penghargaan dalam Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2014 yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat pada tanggal 11-16 Mei 2014.

Continue reading

Semarang Raih Penghargaan dari WWF

Partisipasi Kota Semarang dalam Earth Hour pada bulan Maret 2014 yang lalu membuahkan penghargaan dari WWF (World Wildlife Fund). Semarang memperoleh piagam penghargaan Earth Hour City Challenge 2014 dalam kategori Earth Hour National Capital 2014. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Bappeda Kota Semarang Bambang Haryono kepada Walikota Semarang Hendrar Prihadi pada hari Senin, 12 Mei 2014.

Continue reading

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Tour de Singkarak

Siapa yang tidak mengenal Tour de France? Ternyata Indonesia memiliki kompetisi sepeda bergengsi serupa yang bernama Tour de Singkarak. Kompetisi ini merupakan lomba balap sepeda profesional yang diadakan di Sumatera Barat, Indonesia dan memperoleh namanya dari Danau Singkarak yang terkenal keindahannya.

Tour de Singkarak pertama kali diadakan pada tahun 2009 dan lomba ini diklasifikasikan oleh Union Cycling International (UCI) sebagai lomba berkategori 2.2 dan bagian dari UCI Asia Tour. Tour de Singkarak memiliki jalur sepanjang 900 kilometer yang dimulai atau menuju Padangpassing, mengelilingi danau Singkarak, memasuki kota-kota pedalaman di Sumatera Barat. Seluruh kabupaten di Sumatera Barat akan diikutkan kecuali Kabupaten Mentawai karena lokasinya di kepulauan. Lomba ini sendiri berlangsung selama seminggu dan biasanya diadakan pada bulan Mei atau Juni.

Continue reading

Tim Marching Band Indonesia Berjaya di Kejuaraan Tingkat Dunia

Tim Marching Band Semen Indonesia (MBSI) berhasil meraih juara pertama di ajang International Marching Band Festival 2014 yang digelar di Thailand pada 6 Mei 2014. Tim yang berdiri sejak 1986 dan beranggotakan 152 personel yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan karyawan Semen Indonesia ini berhasil mengalahkan 28 marching band dari negara lain.

Continue reading

Penemu Alat Terapi Kanker Raih Anugerah “HKI 2014″

Pada peringatan Hari Kekayaan Intelektual sedunia ke-14 di Jakarta, Senin 5 Mei 2014 yang lalu, Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia memberikan penghargaan Anugrah HKI 2014 kepada Dr Warsito Purwo Taruno M.Eng untuk kategori inventor.

Direktur Eksekutif CTech Laboratories Edwar Technology ini mengembangkan prototype untuk teknologi kapasitasi listrik berbasis medan listrik pada tahun 2004 dan meneruskan riset dan pembelajaran aplikasi baru untuk teknologi tersebut. Ia dan lembaga yang dipimpinnya telah berkolaborasi dengan universitas dan institusi terkemuka dunia untuk penelitian dan pengembangan, termasuk NASA, Departemen Energi Amerika Serikat dan Kyoto University.

Continue reading

Game yang Bikin Belajar Pajak Makin Asyik

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menyetorkan pajak, diperlukan adanya edukasi perpajakan. Namun, bagi kebanyakan orang, edukasi identik dengan suasana yang membosankan, sehingga masyarakat tidak tertarik untuk mempelajari perpajakan lebih lanjut.

Karena hal itulah, seorang mahasiswa program studi Pendidikan Akutansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Yogyakarta (UNY), Asriatun mengembangkan media pembelajaran pajak yang unik.

Continue reading