Tekuk Thailand, Indonesia ke Semifinal

Indonesia sukses mengalahkan Thailand 3-1 dalam laga penyisihan grup A SEA Games 2011, Minggu, 13 November 2011. Dengan hasil ini Indonesia memastikan tiket ke babak semifinal meski masih menyisakan satu laga lagi.


Tambahan tiga poin membuat Indonesia kembali ke posisi pertama klasemen sementara Grup A dengan koleksi 9 poin dari tiga laga. Di posisi kedua bercokol Malaysia dengan 7 poin. Thailand sendiri berada di urutan ke-4 dengan koleksi 3 poin. Thailand masuk kotak meski masih menyisakan satu laga.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Indonesia tampil penuh percaya diri. Thailand bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-11 setelah wasit memberi kartu kuning kedua kepada Theeraton Bunmathan

Kondisi ini langsung dimanfaatkan Indonesia untuk menekan pertahanan Thailand. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya lahir dari tandukan Titus Bonai pada menit ke-33. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Thailand justru tampil menekan. Tim Gajah Putih bahkan berhasil menyamakan kedudukan lewat penalti Ronnacahai Rangsiyo pada menit ke-50. Wasit menunjuk titik putih setelah Sarach Yooyen diganjal di kotak terlarang.

Dengan tenang, Ronnacahai Rangsiyo mengeksekusi penalti menaklukkan kiper Indonesia, Kurnia Meiga.

Indonesia kembali unggul pada menit ke-62. Kali ini melalui Patrich Wanggai. Berawal dari tendangan sudut, bola lalu disambut Wanggai dengan sundulan kepala.

Perjuangan Thailand semakin berat setelah Ekkasit Chaobut mendapat kartu merah pada menit ke-74. Tim Gajah Putih pun harus bermain dengan 9 orang. Ekkasit diusir setelah melakukan pelanggaran keras kepada Andik Vermansyah.

Tim Merah Putih kembali menambah gol saat injury time melalui Ferdinand Sinaga. Sontekannya memanfaatkan umpan Titus Bonai gagal dibendung kiper Thailand. Hingga pertandingan usai, Indonesia unggul dengan skor 3-1.

Sumber: vivanews.com