Ahmad Kharisma Luhur Bocah 14 Tahun Pemenang Asia Pasific Yo-Yo Championships 2013.

ahmad karisma luhurPemain yoyo asal Indonesia Ahmad Kharisma Luhur berhasil keluar sebagai juara Asia Pasific Yo-Yo Championships (AP) 2013 yang diselenggarakan di Bugis Plus Singapura pada tanggal 12-14 Juli 2013 lalu. Dalam ajang ini, kharisma menjuarai divisi 1A (Single Handed) dan berhasil mengalahkan juara sebelumnya, Hiroyuki Suzuki yang memiliki 7 gelar juara AP dan Christopher Chia juara tahun 2011.

Dalam ajang Asia Pasific Yo-Yo Championships ada lima divisi yang di pertandingkan, yaitu Single Handed (1A), Double Handed Looping (2A), Double Handed String (3A), Off-string (4A) dan Freehand (5A). Para pemenang dari masing-masing divisi akan langsung melaju ke final World Yo-yo Championship.

Pada tahun ini peserta yang mengikuti kompetisi dari Indonesia ada 11 orang, tiga di antara peserta tersebut langsung masuk babak final (seeded). Mereka adalah Muriyanto divisi 1A, Osshe Louis divisi 4A, dan Morison Batubara divisi 5A, yang sebelumnya menjuarai  Indonesia National Yo-Yo Championship 2012. Delapan peserta lainya harus mengikuti babak eliminasi dan akhirnya hanya ada tiga peserta yang lolos dari babak eliminasi yaitu, Ahmad Kharisma luhur divisi 1A, Kevin Nocholas divisi 1A, Marco Victorio divisi 5A.

Sebelumnya, Indonesia belum pernah mendapatkan gelar dalam ajang ini. Namun berkat Ahmad Kharisma Luhur yang berusia 14 tahun, Indonesia mendapatkan gelar pada divisi 1A tahun ini.

Setelah pengumuman pemenang, ternyata ada satu acara yang sangat di tunggu-tunggu, yaitu “Champion Of Champion”, dimana para pemenang masing-masing divisi diadu dengan system penjurian yang berbeda, dan lagi-lagi kharisma bisa mengharumkan nama bangsa dengan menyabet gelar Champion Of Champion di ajang ini.

Divisi 1A
1st Ahmad Kharisma (Indonesia)
2nd Christoper Chia (Singapura)
3rd Hiroyuki Suzuki (Jepang)

Divisi 2A
1st Ginji Miura (Jepang)
2nd Atsushi Yamada (Jepang)
3rd Chan Chun Hay (Hongkong)

Divisi 3A
1st Wong Chak Win (Hongkong)
2nd Taiichiro Higashi (Jepang)
3rd Thahwir Iqbal (Singapore)

Divisi 4A
1st Tsubasa Onishi (Jepang)
2nd Pornpinit (Thailand)
3rd Jeon Ji Hwan (Korea)

Divisi 5A
1st Bryan Jardin (Filipina)
2nd Ko Kwan Ho (Hongkong)
3rd Iskandar Shah (Singapura)

 

Salam Bangga Indonesia

Sumber: kaskus.co.id

  • yo

    ijin share gan