Petani Lulusan SD Raih Penghargaan FAO

Ulus Pirmawan, seorang petani asal Lembang meraih penghargaan dari lembaga PBB Food and Agriculture Organization (FAO) sebagai petani teladan pada peringatan Hari Pangan Sedunia di Bangkok, Thailand pada 16 Oktober 2017 bersama para petani lainnya di kawasan Asia, Nepal, Jepang, Thailand, dan Srilangka.

Ulus mendapatkan penghargaan di bidang sektor pertanian terpadu dan memotong rantai makanan serta budidaya ramah lingkungan. Penghargaan ini didapatkan karena ia mengangkat nasib petani melalui Kelompok Tani Wargi Panggupay. Kelompok ini mengangkat harkat martabat petani yang selama ini hanya menjual hasil panennya kepada tengkulak yang tidak menguntungkan, dan mengumbah para petani bisa menjadi pengusaha tani.

Kelompok Tani Wargi Panggupay bisa mengekspor sayur ke Singapura serta rutin dam menjual ke Toko Tani Indonesia Center di Ragunan, Jakarta Selatan. Kelompok tani ‘mengoper’ pasokan cabai merah ke Toko Tani Indonesia Center senilai hingga Rp11 juta per hari. Selain itu, kelompok ini juga menghasilkan baby buncis, tomat, kol, brokoli, sawo, dan terong yang didistribusikan ke wilayah Bandung dan Jabodetabek.